Selasa, 25 Mei 2010

PENANGGULANGAN KEMISKINAN “Together against Poverty” dengan Program Pemberdayaan Sarjana Baru Lulus

I. PENANGGULANGAN KEMISKINAN
Jumlah penduduk miskin di Indonesia setiap tahunnya semakin banyak, sementara banyak program yang dilakukan pemerintah Republik Indonesia untuk menanggulangi kemiskinan masyarakat, tapi sampai sekarang masyarakat miskin tersebut belum terentaskan.
1) ORANG MISKIN ADA DALAM PERHATIAN TUHAN
Ada beberapa Tanggung jawab yang harus kita perhatikan dan kita lakukan secara bersama Sebagai orang percaya dan beriman kepada Yesus Kristus, di saat kita harus mengambil bagian dalam pelayanan Orang Miskin ini:
* Tanggung Jawab Pemberitaan Injil
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja” (Yoh. 9:4)
* Tanggung Jawab Memberi Makan
(Matius 14:16, Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan.“)
* Tanggung Jawab Menjadi Garam Dunia
(Matius 5:13"Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang)
* Tanggung Jawab Mensejahterakan orang lain
Yeremia 29:7 Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.
* Tanggung Jawab mewartakan Kabar Baik Yesus Kristus kepada semua orang termasuk orang-orang miskin
2) PENYEBAB KEMISKINAN DAN SINERGI MENANGGULANGI KEMISKINAN
Sebenarnya kalau kita teliti lebih lanjut penyebab kemiskinan itu karena kita tidak pernah berpikiran untuk mencerdaskan masyarakat, masyarakat Indonesia pada umumnya hanya menerima informasi yang kurang relevan akhirnya menjadi alat komoditi untuk kepentingan politik sesaat atau untuk kepentingan organisasi tertentu.
Perlu dilakukan pola pencerdasan bangsa kita ini dengan melakukan pembinaan langsung ke masyarakat miskin tersebut, program yang sudah kami lakukan saat ini dengan membina masyarakat yang punya usaha kecil dengan mendampingi mereka selama mereka punya usaha dengan memberikan informasi-informasi terbaru tentang dunia usaha yang kami buat dalam DSI Media Pustaka Kesejahteraan Masyarakat-KOMPETENSI. Muatan dalam Media Pustaka berisi informasi-informasi dunia usaha, tips-tips dunia usaha, motivasi dan artikel pelatihan untuk mengembangkan usaha.
3) BERSAMA-SAMA TANGGULANGI KEMISKINAN
Mencermati situasi ini, dan sebagai wujud dari kesaksian iman kita, maka setiap pribadi orang percaya pada Yesus, Denominasi Gereja dan lembaga-lembaga Kristen lainnya perlu bertindak dan menselaraskan program antar lembaga untuk secepatnya melakukan program penanggulangan kemiskinan ini yang semakin merajalela serta berpartisipasi aktif dan efektif . Untuk sesegera mungkin mendapatkan hasil yang maksimal yang berdampak luar biasa di tengah-tengah masyarakat miskin maka sangat diperlukan kesatuan hati dan kesamaan visi dan misi yakni:
“Bersama-sama” tanggulangi Kemiskinan
(Together against Poverty).
4) MEDIA PUSTAKA – KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
PT. DSI Group sebagai lembaga pelatihan bekerja sama dengan PT. Dasindo Media, penyelengara tunggal Dale Carnegie Training ® bertaraf internasional di Indonesia sejak 1976. PT. Dasindo Media telah melatih lebih dari 100.000 alumni Dale Carnegie Training® terdiri dari para pengusaha, eksekutif, karyawan, perusahaan-perusahaan kecil, besar dan menengah, dan para professional.
Untuk saat ini juga kami sedang, dan akan melakukan pembinaan atau pelatihan ke sarjana-sarjana baru lulus dengan nama program WISUDAWAN PLUS-PLUS dan memberikan pembinaan pencerdasaan masyarakat pengusaha kecil dengan membuat media Pustaka Kesejahteraan Masyarakat ini sebagai bahan pembelajaran baik buat peserta WISUDAWAN PLUS-PLUS maupun buat para pengusaha kecil yang mereka dampingi, muatan dari media ini akan mencakup dan berperan sebagai:
1. Peran Gereja, orang percaya, dan lembaga Kristen lainnya
2. Menjadi media yang pro-aktif Membangun Sinergitas antara Pemerintah, Gereja dan LSM-LSM Kemanusiaan/Aktivis pelayanan pemberdayaan kaum miskin
3. Menjadi salah satu sumber informasi bagi masyarakat miskin atau masyarakat pengusaha kecil.
4. Membuat action plan/program bersama untuk terlibat dan berpartisipasi dalam penanggulangan kemiskinan di Indonesia.
5) USULAN HUBUNGAN KERJASAMA
DSI – PUSTAKA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
Dengan adanya Media ini diharapkan bisa menjembatani komunikasi antar lembaga-lembaga, baik lembaga-lembaga pemerintahan, maupun lembaga-lembaga Kristiani lainnya yang benar-benar mempunyai Visi dan Misi yang sama untuk menanggulangi kemiskinan, antara lain
1. Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan rakyat (Menkokesra RI), dan jajaran Kementerian yang terkait.
2. Gereja-gereja, orang-orang Kristen yang punya hati melayani masyarakat miskin yang mau berpartisipasi memberikan berkatnya atau kekayaan pribadinya untuk digunakan dalam program ini, serta lembaga-lembaga keagamaan.
3. Tim Koordinasi Penanggulangan kemiskinan (TKPK) Nasional, yang diketuai oleh Bapak Wakil Presiden RI.
4. Lembaga-lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
Sebagai nara sumber untuk setiap edisi media ini diharapkan ada artikel-artikel atau tulisan-tulisan yang bisa menjadi sumber inspirasi, pengetahuan tentang dunia usaha, dan yang menjadi motivasi untuk masyarakat miskin.
• Instansi Pemerintah yang terkait dan Pimpinan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Nasional
a. Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Republik
(Menko Kesra RI)
b. Sekretaris Tim Koordinasi Penanggulangan kemiskinan Republik Indonesia (TKPK-RI)
c. Sekretaris Menteri Kementerian Pemberdayaan Daerah Tertinggal Republik Indonesia (KPDT-RI)


6) NARA SUMBER KIAT-KIAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
• Para Pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), baik yang ada di Indonesia maupun yang dari luar negeri.
a) Para Ketua dan Pimpinan Sinode Gereja di Indonesia
b) Hamba-hamba Tuhan, dan Tokoh-tokoh Masyarakat
c) Para Usahawan Kristen

II. MELENGKAPI LULUSAN PERGURUAN TINGGI
Salah satu cara atau usulan dari kami adalah mengentaskan pengangguran terdidik dari Sarjana-sarjana yang baru lulus dengan mempersiapkan mereka untuk meniti karir.
1) WISUDAWAN “PLUS-PLUS”
Program WISUDAWAN “PLUS-PLUS” ini bertujuan membekali dan mencetak lulusan Perguruan Tinggi (D3/S1) yang mampu menjadi tenaga kerja atau wirausaha (menjalankan usaha sendiri), dengan memberikan bekal kemampuan:
1. P – “People Skills”
2. L – “Learning by Doing”
3. U – “Upgrade Competency”
4. S – “Service, Customer Service”
5. P – Peluang “Intrapreneur” dan “Entrepreneur”
6. L – Liputan, Survey, Research, Report, Proposal.
7. U – Usaha Sendiri, Konsultan Pendamping Usaha Mikro
Kecil (UMK)
8. S – Sertifikasi Nasional dan Internasional
2) PENEMPATAN BERKARYA,
WISUDAWAN “PLUS-PLUS”
Peserta yang sudah mencapai identitas: WISUDAWAN “PLUS-PLUS” dapat membuat pilihan, Penempatan/Tempat Berkarya selanjutnya. Keseluruhannya dikoordinir oleh PT DSI Group dengan dukungan penyaluran oleh PT.DM/DCT.
a) Pendampingan & Pembinaan Usaha Mikro Kecil (UMK) – sebagai konsultan
b) Penempantan, Penyaluran Berkarya – Sebagai Karyawan
c) Memulai, mengembangkan usaha, sebagai Wirausahawan
3) KOPERASI SERBA USAHA:
PRIMA DUTA SEJAHTERA
(KSU PDS)
Peserta yang sudah mencapai identitas: WISUDAWAN “PLUS-PLUS” dapat membuat pilihan, menjadi pendamping, Konsultan pada Koperasi Simpan-Pinjam Modal Usaha: yaitu KSU-PDS.
a) Anggota Koperasi KSU-PDS
b) Sumber Modal Pinjaman Koperasi
c) Konsultan Pendamping & Pembinaan Pengusaha UMK
d) Kerjasama KSU-PDS dengan Koperasi Lokal