Selasa, 25 Mei 2010

MISSIONARIS “PLUS-PLUS” PENDAMPINGAN & PEMBINAAN USAHA MIKRO KECIL (UMK)

1. “MEDIASI”

PELAYANAN KONSULTASI PENGEMBANGAN BISNIS

MISSIONARIS “PLUS-PLUS”, sebagai warga Negara TERDIDIK, dimotivasi dan didorong, menjadi INSPIRATOR bagi masyarakat pengelola Usaha Mikro Kecil pinggiran kota dan pedesaan.

Potensi DAYA PIKIR MISSIONARIS “PLUS-PLUS” perlu dimanfaatkan dalam aksi-aksi dan kegiatan PEMBERDAYAAN masyarakat. MISSIONARIS “PLUS-PLUS” berkreasi membuka isolasi pemikiran masyarakat yang selama ini termarjinalkan.

Semangat kepeloporan, membuat survay, penelitian dan menampilkan SOLUSI Pengembangan Ekonomi Masyarakat di pinggiran kota dan di pedesaan, dan merintis program pemberdayaan melalui ke-MITRA-an dengan instansi pemerintah dan swasta.

Melalui wadah profesional yang berpengalaman dalam arena Pelayanan Konsultansi Pengembangan Bisnis, MISSIONARIS “PLUS-PLUS” melaksanakan peranan M E D I A S I, antara pihak-pihak: Masyarakat Ekonomi Lemah di pinggiran kota dan pedesaan dengan Instansi Lintas Sektoral dan swasta terkait.

Ada 7 (tujuh aspek M E D I A S I yang perlu dilaksanakan oleh para MISSIONARIS “PLUS-PLUS”, di bawah payung wadah profesional Pelayanan Konsultansi Pengembangan Bisnis (PKPB)), bekerjasama dengan Koperasi Serba Usaha: Prima Duta Sejahtera (KSU-PDS).

(1) MITRA

Missionaris berperan sebagai MITRA Masyarakat pengelola Usaha Mikro, Kecil, membentuk dan melancarkan kerjasama dengan INSTANSI LINTAS SEKTORAL – sektor kesehatan, pertanian, kehutanan, lingkungan hidup, kelautan, industri rumah tangga, perdagangan, ekspor, dll.

Merintis program-program pemberdayaan melalui ke-MITRA-an bersama Instansi terkait dan Badan Usaha Milik Negara dan Swasta.

(2) EKONOMI MASYARAKAT, SITUASI, POTENSI

Membuat penelitian dan penyusunan program pengembangan ekonomi, yang sesuai dengan situasi dan potensi sosial ekonomi masyarakat dan Sumber Daya Alam Setempat.

(3) DAYA PIKIR, DERAP LANGKAH WIRAUSAHA

Potensi DAYA PIKIR MISSIONARIS “PLUS-PLUS” ditingkatkan, dikembangkan dan didorong untuk merumuskan, dan menggerakkan, serta mensosialkan aksi-aksi Pemberdayaan Masyarakat. Dengan demikian para Missionaris menyerap pengalaman praktis Kemasyarakatan dan Kewirausahaan.

(4) INSPIRATOR, KONSULTAN PENDAMPING

Sebagai warna Negara TERDIDIK, para MISSIONARIS “PLUS-PLUS” terpanggil menjadi INSPIRATOR, MOTIVATOR, mendampingi para pengelola Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dari kalangan masyarakat yang termarjinalkan.

(5) ADVOKASI PEMBINAAN WIRAUSAHA

Para Masyarakat Marjinal memerlukan pembinaan, pendidikan, pelatihan praktis untuk berwirausaha, Para MISSIONARIS “PLUS-PLUS” merencanakan dan mengupayakan agar ada Kelompok yang melakukan ADVOKASI PEMBINAAN WIRAUSAHA, Khususnya di kalangan Masyarakat Marjinal.

(6) SEMANGAT KEPELOPORAN

MISSIONARIS “PLUS-PLUS” sudah memiliki SEMANGAT KEPELOPORAN yang tumbuh dan berkembang dari kampus.

Para MISSIONARIS “PLUS-PLUS” didorong untuk merintis sejumlah proyek dan program pemberdayaan, melalui ke-MITRA-an BERSAMA INSTANSI-INSTANSI PEMERINTAH, BADAN SWASTA. DAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN

(7) IDEALISME

Sebagai warga Negara terdidik, para MISSIONARIS “PLUS-PLUS” yang terkategori pemuda, menjawab panggilan idealismenya untuk mengabdi pada Masyarakat, bangsa dan Negeri.

2. “KOMPETENSI”

PROGRAM PELATIHAN & PEMBINAAN

Sumber daya para MISSIONARIS “PLUS-PLUS”, merupakan bibit-bibit yang potensial untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Untuk menjadi pribadi yang sukses, mereka memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Pelayanan Konsultansi Pengembangan Bisnis, melalui jalur pendirian atau pengembangan Usaha Mikro atau Usaha Kecil, adalah program terpadu, mempercepat pembinaan MISSIONARIS “PLUS-PLUS” menjadi Pemimpin.

Melalui pembinaan-pembinaan yang intensif, baik di dalam bentuk training, bimbingan pribadi, magang dan praktek-praktek kegiatan lapangan lainnya, para MISSIONARIS “PLUS-PLUS” peserta program ini telah mengalami peningkatan KOMPETENSI, untuk berperan sebagai Konsultan Pengembangan Enterprise.

Ada 10 (Sepuluh) aspek pelatihan konsultansi yang diperlukan yaitu:

(1) KEUANGAN, KREDIT, PERMODALAN, KOPERASI SIMPAN PINJAM

(2) ORGANISASI USAHA DAN MANAJEMEN, KONSULTANSI

(3) MARKETING, PEMASARAN, PROMOSI, PENJUALAN, KEAGENAN

(4) PROPOSAL, BUSINESS PROPOSAL, SURVEY, RISET, KONSULTANSI

(5) ENTERPRISING DEVELOPMENT, PENGEMBANGAN USAHA

(6) TRAINING (PELATIHAN), TEKNIK PRESENTASI

(7) NETWORKING, JARINGAN BISNIS, KOMUNIKASI, KEMITRAAN

(8) ENTREPRENEURSHIP, KEWIRAUSAHAAN

(9) SUMBER DAYA

(10) INFORMASI TEKNOLOGI, INFORMASI BISNIS

3. MISSIONARIS “PLUS-PLUS”

Program MISSIONARIS “PLUS-PLUS”, adalah program pembelajaran pelatihan, praktek kerja bagi lulusan Perguruan Tinggi, untuk memasuki dunia kerja dalam waktu yang lebih cepat, dengan status yang lebih profesional.

Program MISSIONARIS “PLUS-PLUS”, sebagai program PEMBEKALAN, untuk menjembatani tuntutan keterampilan oleh sektor rill (Perusahaan, Lemabga, Instansi, dll).

Di lain pihak, sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan sektor yang memiliki daya serap tenaga yag tinggi sebagai : Staff (Karyawan), Wirausahawan, (Entrepreneur) dan Konsultan Pendamping UMKM

Program MISSIONARIS “PLUS-PLUS” ini bertujuan membekali dan mencetak lulusan Perguruan Tinggi (D3/S1) yang mampu menjadi tenaga kerja atau wirausaha (menjalankan usaha sendiri), dengan memberikan bekal kemampuan:

1. P – “People Skills”

2. L – “Learning by Doing”

3. U – “Upgrade Competency”

4. S – “Service, Customer Service”

5. P – Peluang “Intrapreneur” dan “Entrepreneur”

6. L – Liputan, Survey, Research, Report, Proposal

7. U – Usaha: Wirausaha, Konsultan Pendamping Usaha Mikro Kecil (UMK)

8. S – Sertifikat Internasional dan Nasional

4. VISI DAN MISI MISSIONARIS “PLUS-PLUS”

VISI “G-E-R-A-K”

Mencetak 120 Generasi Muda Terdidik (D1-S1) yang berjiwa Missionaris dan berperilaku Tent-Maker setiap tahun untuk menjadi Penginjil dan pelaku pengentasan ekonomi kemasyarakatan, yang memenangkan jiwa dan memelihara jiwa bagi Tuhan Yesus, di desa, di daerah pedalaman dan di daerah terpencil, juga di kota-kota besar.

G - GENERASI MUDA

Mencetak setiap tahun, 120 Generasi Muda Terdidik (D1-S1) yang berjiwa missionaris dan berperilaku TENT-MAKER.

E - EKONOMI KEMASYARAKATAN

Menjadi pelaku pengentasan Ekonomi Kemasyarakatan.

R - RANGKUL, MENANGKAN JIWA

Menjadi Penginjil, memenangkan jiwa.

A - AKRAB, MEMELIHARA JIWA

Dan memelihara jiwa bagi Tuhan Yesus.

K - KOMPLEKS, LOKASI

Di desa, daerah pedalaman, di daerah terpencil, juga di kota-kota besar.

MISI “T-E-K-U-N”

Memberikan Pelatihan kepada peserta yang akan dilatih, bukan hanya calon alumni atau alumni baru (fresh graduates) yang berlatar pendidikan S1/D3 Teologi, Ekonomi, Teknik, dll, tetapi juga mahasiswa semester satu baru mulai mengikuti program ini, sehingga menjadi MISSIONARIS.

T - TELADAN

Menjadi Missionaris yang menjadi TELADAN, sebagai orang yang diberkati Tuhan.

E - EFEKTIF

Missionaris yang melayani secara EFFEKTIF karena mampu memenuhi kebutuhan sendiri (mandiri secara finansial).

K - KONSULTAN

Berperan sebagai KONSULTAN kepada Jemaat khususnya, dan kepada Masyarakat umumnya, dalam hal pengembagan Usaha proaktif atau Usaha mandiri (wirausaha)

U - UNGGUL, MAMPU

MAMPU menjangkau Jiwa-jiwa lebih luas, untuk dimenangkan bagi Kristus melalui peranan sebagai Konsultan atau Fasilitator usaha yang dikembangkan

N - NIKMAT MELAYANI

MELAYANI secara holistik, motivator, kreator dan penggerak pengembangan ekonomi kemasyarakatan